Apakah Dana Haji Sudah Dikelola Secara Akuntabel?

Bambang Setiono

Dosen Akuntansi-Univeristas Sampoerna

Sering sekali kita mendengar atau bahkan mengucapkan kata “akuntabilitas” pada saat menentukan hubungan kerja antara suatu organisasi dengan organisasi yang lain atau dengan masyarakat.  Contohnya adalah pernyataan Presiden Jokowi berikut ini dalam  Rapat Terbatas membahas pengelolaan dana haji di Ruang Oval, Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, 26 Apriil 2018:

“Saya ingin mendapatkan laporan dari BPKH soal kepercayaan yang telah diberikan umat mengenai dana yang ada. Tentu saja kita ingin yang transparan, akuntabel, dan ini juga sangat penting dalam mengikuti prinsip-prinsip syariat,”

https://nasional.kompas.com/read/2018/04/26/15372391/jokowi-pastikan-dana-haji-sesuai-prinsip-transparan-dan-akuntabilitas.

Apakah arti kata akuntabilitas?  Kata ini tidak sama dengan bertanggung-jawab atau transparan. Kata ini mempunyai tiga unsur yang harus ada, yaitu: adanya hubungan, adanya account (laporan), dan adanya kekuatan untuk memberikan sanksi.

Apakah pengelolaan dana haji sudah memenuhi prinsip-prinsip akuntabilitas ini?

Mari kita lakukan survery untuk mengetahui pendapat dari masyarakat yang tengah menanti waktunya untuk berangkat haji. Dana haji akan dikelola secara akuntabel jika ada hubungan yang berkesinambungan antara calon jemaah haji dengan pengelola dana haji.  Dana haji akan dikelola dengan akuntabel jika, calon jemaah haji menerima laporan perkembangan dana hajinya secara berkala. Dana haji akan dikelola dengan akuntabel jika calon jemaah haji dapat memprotes pengelolaan yang salah terhadap dana haji.

Jika bapak dan ibu adalah calon jemaah haji, mohon bantuan bapak dan ibu untuk menjawad kuesioner di bawah ini. Semoga dana haji yang amat besar jumlahnya ini bisa dikelola secara akuntabel.

Akuntabilitas Dana Haji

Apakah anda pernah menerima laporan dana haji yang telah anda setorkan ke penyelenggara haji?
Apakah ada dialog dengan pengelola dana atau penyelenggara haji untuk membahas tentang perkembangan dana haji anda berdasarkan laporan yang anda terima?
Hukuman apa yang anda berikan kepada pengelola dana atau penyelenggara haji, jika dana haji anda tidak bisa berkembang dengan baik?
Complete the form below to see results

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *