Tidak ada perusahaan Indonesia yang memiliki budaya etika kerja kelas dunia

Sambil menunggu antrian yang cukup panjang,  saya mencari peringkat perusahaan dengan etika kerja terbaik di Indonesia. Sayangnya, saya selalu mendapatkan berita dari media di Indonesia yang menyebutkan terpilihnya perusahaan etika kelas dunia.  Tidak ada berita tentang pemberian penghargaan etika kerja perusahaan di Indonesia.

Apa boleh buat,  saya jadi mencari data perusahaan kelas dunia yang memiliki budaya etika kerja atau organisasi yang baik.

Saya harus kecewa lagi,  ternyata tidak ada perusahaan Indonesia yang mendaptkan penghargaan dari lembaga Ethisphere yang sejak tahun 2007 telah memberikan penghargaan etika kepada organisasi bisnis dan non-profit di dunia.

Perusahaan dari Asia yang mendapatkan penghargaan adalah Singapore Airlines dan Tata Industries.  Ada satu perusahaan Taiwan yang kurang terkenal di Indonesia,  Sinyi Reality yang masuk daftar.  Sementara organisasi non-profit yang saya tahu beroperasi di Indonesia adalah The Nature Conservancy sebuah LSM bidang lingkungan hidup.

Kekecewaan saya semakin bertambah karena tidak ada satupun Kantor Akuntan Big 4 yang masuk kedalam daftar ini.  Sebagai seorang akuntan tentunya saya berharap Kantor Akuntan memiliki budaya etika kerja yang tinggi.  Saya juga baru tahu bahwa Nokia ternyata memiliki etika organisasi yang lebih baik dari Apple dan Samsung, dua perusahaan yang banyak mempengaruhi cara kita bekerja sekarang ini.

Saya tertarik dengan manajemen etika dari perusahaan-perusahaan yang beretika ini, khususnya bagaimana mereka bisa tetap menjaga etika kerja mereka pada saat beroperasi di negara yang tinggi tingkat korupsinya dan budaya etika organisasinya bukan menjadi bagian utama kebijakan tata kelola perusahaan di negara tersebut.

Inilah daftar organisasi dengan budaya etika organisasi kelas dunia.  Harusnya menyenagkan bekerja atau bekerjasama dengan organisasi-organisasi ini.

http://www.worldsmostethicalcompanies.com/honorees/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *