Kesiapan Perguruan Tinggi Memasuki Era Industri 4.0

Sambil makan soto mie Bogor dan Es Campur Medan, saya membaca paper menarik dari Apitep Saekow and Dolly Samson (2011) yang mengutarakan hasil penelitian mereka tentang kesiapan perguruan tinggi di Thailand mengadopsi e-learning sebagai sistem pendidikan di perguruan tinggi.  Paper ini menarik untuk kita pahami karena pendidikan di era industri 4.0 akan berbasis e-learnings.

Saekow dan Samson (2011) menggunakan sebuah alat ukur yang memiliki instrumen mengukur leadership perguruan tinggi atau mereka menyebutnya bisnis,  kesiapan teknologi,  keuangan,  infrastruktur dan SDM perguruan tinggi.

Dengan alat ukur itu dan membandingkannya dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat,  mereka menemukan pergurian tinggi di Thailand belum siap dengan e-learnings. Mereka menemukan leadership perguruan tinggi lemah karena tidak memberikan contoh dan terlibat dalam proses elearning.  SDM dosen belum aktif dan lebih menggunakan pendekatan top-down pedagogy dalam mengembangkan elearning, teknologi yang masih rendah dan juga materi pembelajaran yang kurang memadai  khususnya tentang budaya Thailand.

Mungkin kondisi elearning di Thailand sudah lebih baik saat ini karena penelitian Saekow dan Samson dilakukan 7 tahun yang lalu. Tetapi saya kurang tertarik mencari tahu jawabannya.  Yang lebih penting menurut saya adalah mengetahui kesiapan perguruan tinggi Indonesia dengan elearning. Apakah kondisi kita saat ini sama dengan kondisi Thailand 7 tahun yamg lalu?  Apakah ada teman-teman yang sudah menelitinya?

Tanpa terasa Soto Mie dan Es Campur sudah pindah ke perut saya. Go-car juga sudah menunggu saya balik ke kampus.

Untuk yang ingin membaca lengkap hasil penelitian Saekow dan Samson silahkan unduh di bawah ya.  Sampai jumpa di cerita yang lainnya.

https://scholar.google.co.id/scholar?q=E-learning+Readiness+of+Thailand%E2%80%99s+Universities&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&ved=0ahUKEwj7ss2h3-jaAhUJULwKHVlsCOcQgQMIFTAA#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3Dco1q6iWTsrYJ

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *