Pelantikan Pengawas dan Pengurus Daerah ALFED Madura

Ketua Umum ALFED, Bambang Setiono melantik Pengawas dan Pengurus Daerah ALFED Madura pada tanggal 12 Juli 2018. Ketua Umum berharap ALFED Madura dapat membantu para dosen dan mahasiswa untuk secara aktif mengembangkan ilmu pengetahuan yang di butuhkan bagi Madura untuk menjadi daerah yang sejajar dengan daerah-daerah lain di Jawa Timur.

Pengawas dan Pengurus Daerah ALFED Madura adalah sebagai berikut: Continue reading “Pelantikan Pengawas dan Pengurus Daerah ALFED Madura”

Pengembangan Perguruan Tinggi Berbasis Klaster

Asep Saefuddin
Rektor Universitas Al Azhar Indonesia/Guru Besar Statistika IPB

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semuanya.
Semangat pagi!!

Selamat Dies Natalis UTM XVII dan semoga terus maju dalam membangun SDM, sains dan teknologi serta implementasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Madura. Saya sangat bangga dan tersanjung mendapatkan kesempatan bicara di hadapan civitas akademika Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan mitra-mitra UTM yang hadir pada kesempatan ini. Terima kasih atas undangan Bapak Dr. Muhammad Syarif sebagai Rektor UTM kepada saya untuk bicara di forum yang sangat terhormat ini. Pada kesempatan ini saya hadir bersama teman-teman yang mempunyai banyak pengalaman dalam kegiatan biobased business baik dari kelembagaan dan juga teknologinya. Mereka adalah Dr. Kamaluddin Zarkasi, Dr. Widiyanto Dwi Surya, dan Dr. Kolier Heryanto. Tentunya mereka bersedia membantu menindaklanjuti ide-ide yang berkembang dari pertemuan sekarang ini.

Di dalam paper ini saya akan menyampaikan secara umum hal-hal yang berkaitan dengan trend dunia dewasa ini (slide 1). Tentunya hal itu saling kait mengait antara sains, teknologi dan faktor lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkungan, demografi dan lain-lainnya. Kemudian sedikit saya akan menyimak tentang phase revolusi industri sampai efek dari disrupsi teknologi.

Sesuai dengan permintaan, saya juga akan mencoba mengangkat strategi pendidikan tinggi berkaitan dengan klaster industri. Upaya agar UTM bisa menguasai klaster industri sesuai dengan kekuatan SDA Madura dari hulu sampai hilir. Kemudian penguasaan pasar baik skala lokal dan nasional ataupun internasional. Secara kelembagaan unit-unit apa saja yang harus dibangun agar kekuatan klaster ini bisa sustained. Hal ini pun bisa menjadi sumber pendapatan UTM sehingga kampus ini bisa melakukan terus Tri Dharma dari masa ke masa.

Continue reading “Pengembangan Perguruan Tinggi Berbasis Klaster”

VIRTUAL CURRENCY DAN MASA DEPAN UANG

Sawidji Widoatmodjo

Chief Economist ECBIS rescons & Dosen Pasca Sarjana Universitas Tarumanegara

Sebagai salah seorang yang diundang Bank Indonesia (BI) untuk mengkaji virtual currency (VC), saya sudah menyampaikan pandangan lisan dan tulisan.

Kesan yang muncul pada pengkajian tersebut adalah pro kontra mengenai peran BI dalam pengaturan VC: melarang vs mengijinkan penggunaan VC untuk pembayaran transaksi. Tentu itu hanya kesan dalam satu kali kajian, dan juga dilatarbelakangi posisi BI sebagai pihak yang paling bertanggungjawab pada pengelolaan—termasuk kebijaksanaan—uang. Karena itu, BI masih terbuka untuk semua masukan. Tulisan ini dimaksudkan untuk menambah masukan itu.

Continue reading “VIRTUAL CURRENCY DAN MASA DEPAN UANG”

Masih Perlukah Survey Politik?

Asep Saefuddin

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia/Guru Besar Statistika FMIPA IPB

Setelah pilkada serentak ini di beberapa grup WA yang saya ikut, banyak teman-teman membahas hasil survey dan quick count (QC). Bila sekedar membandingkan angka boleh-boleh saja, tetapi di dalam statistika angka itu mempunyai makna tersendiri. Angka adalah suatu nilai hasil sebuah proses. Walaupun survey dan QC itu bertujuan untuk memprediksi perolehan suara suatu pasangan calon pemimpin daerah, keduanya mempunyai parameter yang berbeda. Artinya membandingkan hasil survey dengan QC itu bukan ‘apple to apple comparison’.

Data hasil survey dan QC pilkada memang memperlihatkan perbedaan. Akan tetapi hal itu tidak berarti dapat disimpulkan bahwa survey tidak berguna. Atau bahkan ada yang mengatakan survey ‘abal-abal’ hasil rekayasa suatu kelompok. Kita harus melihatnya secara bijak, rasional, tidak diganggu oleh sentimen emosional senang atau sedih yang berlebihan. Apapun hasilnya, survey dalam politik itu sangat bermanfaat.

Continue reading “Masih Perlukah Survey Politik?”

Penyucian Negeri

YUDI LATIF
Dosen Universitas Negeri Yogyakarta

Baru saja menghikmati momen kesucian Idul Fitri, suasana kejernihan batin kita segera diuapi polusi persaingan politik. Ibarat embun yang terperangkap di daun lusuh, kepulangan kita ke Idul Fitri kali ini melahirkan situasi “kesucian” yang riskan. Pribadi-pribadi boleh saja terlahir kembali bak embun suci, tetapi relung kehidupan negara tempat mereka bertahan ialah ruang yang cemar.

Ketercemaran ruang publik itu terjadi karena orang-orang berebut kepentingan dengan mengabaikan visi kemaslahatan bersama. Banyak orang merindukan kembali ke fitrah kemanusiaan, dengan cara mengingkari fitrah itu sendiri. Perbedaan menjadi pangkal sengketa, padahal perbedaan itu sendiri adalah fitrah (cetakan dasar) kehidupan: agama tidak akan pernah satu, ras dan suku tidak akan pernah satu, pun golongan (kelas sosial) tidak akan pernah satu.

Continue reading “Penyucian Negeri”

Siapa Favorit Anda di Kabupaten Probolinggo?

Pemimpin Kabupaten Probolinggo Jawa Timur yang akan datang akan segera kita tentukan melalui Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018.  Siapakah favorit anda?

Alasan Memilih

 

Verification

Siapa Favorit Anda di Kota Probolinggo?

Pemimpin Kota Probolinggo Jawa Timur yang akan datang akan segera kita tentukan melalui Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018.  Siapakah favorit anda?

Alasan Memilih

 

Verification

Siapa Favorit Anda di Kota Mojokerto?

Pemimpin Kota Mojokerto Jawa Timur yang akan datang akan segera kita tentukan melalui Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018.  Siapakah favorit anda?

Alasan Memilih

 

Verification

Siapa Favorit Anda di Kalimantan Barat?

Pemimpin Provinsi Kalimantan Barat yang akan datang akan segera kita tentukan melalui Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018.  Siapakah favorit anda?

Alasan Memilih

 

Verification